Mengenal Apa itu XML

Mengenal Apa Itu XML Dan Apa Fungsinya

Mengenal Apa itu XMLXML adalah merupakan singkatan dari Extensible Markup Language. Dimana XML yang dimaksud adalah bahasa markup dengan menggunakan tag label, yang dapat mengkategorikan serta mengatur informasi dalam spesifikasi cara. Markup menjelaskan dokumen atau data struktur dan organisasi. Konten seperti teks, gambar, dan data, merupakan bagian dari kode yang berisi markup Tag.

XML didesain agar mampu untuk menyimpan data secara ringkas dan mudah diatur. Kata kunci utama dari XML adalah data (jamak dari datum) yang jika diolah bisa memberikan informasi lebih lanjut. Untuk membuat dokumen markup keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML juga menyediakan suatu cara yang sudah terstandarisasi namun bisa dimodifikasi untuk menggambarkan isi dari pada dokumen.

Pada saat ini, XML bukan merupakan pengganti HTML. Keduanya dikembangkan untuk tujuan yang berbeda-beda. HTML biasa digunakan untuk menampilkan informasi dan berfokus pada bagaimana informasi terlihat. Sedangkan XML tugasnya mendeskripsikan susunan informasi dan berfokus pada informasi itu sendiri. XML biasanya dibutuhkan untuk menyusun dan menyajikan informasi yang tidak mengandung format standard layaknya heading, paragraph, table dan yang lainnya.

Fungsi XML

Kegunaan XML sendiri sangat beragam. Yaitu lebih sederhana, mudah dipindah-pindahkan (Portability), dapat menangani beberapa tingkat kompleksitas, dapat beradaptasi serta mudah memeliharanya. Selain itu, XML juga memiliki beberapa fungsi. Disini akan dijabarkan ulasan mengenai fungsi-fungsi dar XML itu sendiri.

  • Dapat digunakan untuk menyimpan data

    Dengan menggunakan XML, file teks dapat digunakan untuk menyimpan data. XML juga mampu digunakan sebagai penyimpanan data dalam format lain ataupun format basis data. Aplikasi lain juga dapat digunakan untuk menulis atau mengambil format dari XML. Kita juga dapat mendesain aplikasi yang sifatnya umum dengan HTML yang berfungsi untuk menampilkan data saja.

  • Dapat digunakan untuk pertukaran data

    Data pada XML dapat ditukarkan antara sistem yang tidak kompatibel. Di dalam kenyataan yang sebenarnya sistem komputer dan basis data menyimpan data dalam format yang berbeda. Hal yang sangat menguras waktu adalah bagaimana mempertukarkan data antarsistem dalam dunia internet. Mengonversi data ke XML dapat mengurangi kompleksitas dan membuat data dapat dibaca oleh berbagai tipe aplikasi.

  • Dapat digunakan untuk meningkatkan penggunaan data

    Dengan XML pula, data kita dapat diakses oleh banyak pemakai. Karena XML didesain dengan cara mandiri terhadap perangkat lunak, perangkat keras dan aplikasi. Kita bisa membuat data tertentu dapat diakses berbagai macam standar browser HTML. Klien dan aplikasi lain dapat mengakses file XML sebagai sumber data, sebagaimana akses dilakukan terhadap basis data.

  • Dapat memisahkan data dari tag HTML

    Karena data yang disimpan pada XML berupa teks, maka data itu akan sangat mudah dibaca oleh berbagai aplikasi. Kemudian data akan tetap valid meskipun dilakukan updgrade pada sistem operasi, server, aplikasi baru dan browser baru. Biasanya data yang tertera dengan HTML disimpan jadi satu dengan file HTML. Kini dengan adanya XML, data dapat dipisah dari file HTML dan disimpan pada file XML tersendiri. Nah demikian Anda dapat mengkonsentrasikan pada HTML untuk menampilkan dan memformat data, serta XML yang akan berisi data tersebut.

Demikian penjelasan singkat yang bisa disampaikan mengenai XML. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang dunia pemprograman dan ilmu yang dibagikan dapat bermanfaat bagi pembaca artikel ini. Jika Anda ingin menanyakan lebih lanjut mengenai XML, Anda bisa melakukann konsultasi dengan pakarnya dan segera huhubungi kontak: 0898-5331-2998, Kursus Komputer Terdekat dengan Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

1
Hubungi Kami Via WA
Powered by