Cara Mendidik Karakter Siswa

Pendidikan karakter memang menjadi salah satu isu menarik untuk dibahas. Terlebih di era ini dengan kondisi para pelajar yang banyak mengalami degradasi karakter sebagai generasi bangsa. Maka dari itu diperlukan peran pendidikan karakter untuk membentuk peserta didik yang mampu hidup dengan kemajuan teknologi, tetapi tidak menghilangkan karakternya sebagai generasi penerus. Lalu bagaimana cara mendidik karakter peserta didik ini? Berikut informasi selengkapnya.

  1. Mulailah dari Diri Pendidik Terlebih Dahulu

    Hal pertama yang harus dilakukan untuk pendidikan karakter peserta didik adalah dengan memulainya terlebih dahulu pada diri Pendidik. Sebagai seorang Pendidik (guru), maka sudah sepatutnya untuk memberikan teladan yang baik bagi setiap peserta didik. Bagaimana mungkin mereka dapat memiliki karakter yang baik, jika gurunya saja tidak mencerminkan hal itu.

  2. Ajak Peserta Didik Melakukan Kegiatan yang Sesuai dengan Karakter yang Diiginkan

    Cara kedua untuk mendidik karakter siswa (peserta didik) adalah mengajak mereka untuk melakukan kegiatan yang sesuai dengan karakter yang diinginkan. Misalnya jika ingin menanamkan karakter religius, maka sebaiknya ajak siswa untuk memulai pelajaran dengan membaca doa. Begitu pula halnya dengan karakter-karakter yang lain. Kegiatan ini harus dilakukan secara rutin dan terencana, agar benar-benar tertanam pada diri siswa.

  3. Harga Setiap Usaha yang Mereka Lakukan

    Cara ketiga adalah menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing peserta didik memiliki kemampuan yang beragam. Maka dari itu tidak heran jika usaha yang mereka lakukan juga membuahkan hasil yang berbeda-beda pula. Terkait dengan hal ini, pendidikan seharusnya dapat menghargai setiap usaha peserta didik tanpa adanya deskriminasi. Selain sebagi bentuk motivasi, hal ini juga akan berpengaruh dalam membangun karakter peserta didik.

  4. Lakukan Pendekatan Kepada Peserta Didik

    Cara yang ke-4 dalam mendidik karakter peserta didik adalah dengan melakukan pendekatan kepada peserta didik secara personal. Cara ini sangat baik untuk diterapkan kepada peserta didik yang memiliki “masalah” dalam pembelajaran. Melalui cara ini, pendidikan dapat mengetahui akar permasalahannya serta dapat memberikan solusi atas permasalahan yang dialami oleh peserta didik tersebut.

Sekolah Karakter

cara mendidik karakter siswaSalah satu sekolah yang fokus pada pembentukan karakter siswa dengan metode coaching-nya yaitu Fikar School, turut mewarnai dunia pendidikan dalam hal mendidik karakter siswa. Apa yang Fikar lakukan dalam pendidikan karakter siswa?

 

Cara Pandang

  • Setiap anak lahir dengan potensi kemanusian: setiap anak adalah ujian yang harus di tuntaskan
  • Setiap anak memiliki kecerdasan: Tugas kami adalah merasang anak untuk menemukan kecerdasan dengan strategi yang sesuai
  • Kecerdasan bersumber dari : keterampilan mengelola kemampuan problem solving
  • Program Base Learning: Upaya kami memberi arahan, didikan, bimbingan, agar anak terbiasa dalam menghadapi permasalahan didalam kehidupannya

Itulah cara pandang Fikar dalam mendidik karakter siswa-siswinya agar mereka menemukan jati dirinya dengan menggali dan memberikan kebebasan siswa-siswinya mengembangkan bakat dan minatnya.

Dengan branding Sekolah Karakter, dan Homeschooling Indonesia Fikar mampu memberikan warna dalam pendidikan di indonesia khususnya dalam hal Coaching Method. Menemukan passion siswa tidaklah gampang perlu kesabaran dan ketelatenan. Tidak hanya mengejar target nilai semata namun memberikan kesempatan kepada siswa-siswinya untuk mengekspolore bakat terpendamnya dengan pendampingan dan konsultasi yang terpadu. Dari methode coaching ini banyak siswa-siswi Fikar yang sukses dibidangnya seperti oleh raga, kesenian, tekhnology seperti robotic dan lain sebagainya.

Bagi bapak ibu yang ingin tahu lebih dalam tentang metode pendidikan di Fikar School silahkan kunjungi website-nya di http://www.fikarschool.sch.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

1
Hubungi Kami Via WA
Powered by