Mengenal 5 Cara Belajar Flutter, Dijamin Mudah dan Cepat Mahir

Belajar FlutterKini menjadi pengembang aplikasi berbasis mobile memiliki masa depan potensial, dan alhasil banyak yang berusaha belajar Flutter. Kenapa? Sebab memang lewat Flutter inilah seseorang bisa tahu bagaimana membuat aplikasi mobile yang fungsional dan user friendly. Lalu, apakah mempelajari Flutter ini susah? Berikut informasinya.

Apa Itu Flutter?

Sebelum membahas mengenai bagaimana mempelajari Flutter untuk mendukung proses pembuatan aplikasi mobile. Maka pahami dulu apa itu Flutter. Flutter secara garis besar merupakan framework yang sifatnya open source yang dikembangkan oleh Google untuk mendukung pembuatan aplikasi multi platform (untuk berbagai sistem operasi dan perangkat).

Flutter dengan sifatnya yang open source tentunya gratis bisa diakses kapan saja dan pengelolaannya mudah untuk membangun aplikasi dengan sedikit sentuhan pengaturan. Sehingga dengan framework satu ini seseorang bisa tahu bagaimana membuat aplikasi multi platform dengan usaha minimalis dan waktu pengerjaan yang efisien.

Dengan belajar Flutter kemudian menguasainya, maka seseorang tidak hanya bisa membuat aplikasi untuk dijalankan di perangkat berbasis Android saja. Akan tetapi di berbagai jenis perangkat dan sistem operasi. Yakni mencakup Android, iOS, dan juga Windows sehingga satu kali kerja bisa dijalankan di semua perangkat pengguna.

Flutter didesain memiliki dua komponen penting, yaitu Software Development Kit (SDK) dan Framework User Interface. Fungsi SDK di dalam Flutter adalah membantu pengguna untuk bisa membuat aplikasi yang bisa berjalan di berbagai platform. Sementara Framework User Interface berfungsi mendukung kustomisasi fitur aplikasi seperti penambahan teks, tombol, dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan yang Dimiliki

Flutter diketahui menggunakan bahasa pemrograman Dart untuk proses penggunaan semua fitur di dalamnya. Sehingga untuk siapa saja yang ingin menggunakan Flutter sebagai upaya mengembangkan usaha pembuat aplikasi. Maka idealnya harus belajar bahasa pemrograman Dart terlebih dahulu agar tidak bingung.

Flutter yang dikelola oleh Google ini banyak dilirik pengembang aplikasi karena mendukung pembuatan aplikasi multi platform. Selain itu, Flutter juga diketahui memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya banyak dipilih ahli pemrograman. Diantaranya adalah:

  • Memberi Efisiensi Waktu

Kelebihan pertama yang dimiliki framework besutan Google ini adalah  memberi efisiensi waktu dalam menggerakkan pembuatan aplikasi. Disebut demikian karena satu codebase di dalam Flutter bisa digunakan untuk membuat aplikasi multi platform. Padahal di framework lain satu codebase hanya untuk satu platform.

  • Mudah untuk Dipelajari

Kelebihan berikutnya dari Flutter sehingga membuat peminat belajar Flutter terus bergerak naik karena memang mudah dipelajari. Dikatakan demikian karena disini para pengembang aplikasi tidak perlu memakai banyak kode. Satu codebase bisa untuk banyak platform sehingga praktis dan membuatnya semakin mudah untuk dipelajari dan dikuasai.

  • Performa yang Baik

Framework bertajuk Flutter ini ternyata juga diketahui memiliki performa yang baik. Artinya selama digunakan resiko error di tengah jalan maupun error sampai berhari-hari nyaris tidak pernah terjadi. Selain itu aplikasi yang dibuat di dalamnya juga diketahui bisa bekerja optimal ketika diinstal ke perangkat.

  • Menghemat Biaya Pembuatan Aplikasi

Membuat aplikasi diketahui memerlukan modal tidak sedikit, apalagi dulunya harus dipisah antara aplikasi untuk Android maupun iOS. Sehingga digunakan dua framework berbeda dengan bahasa pemrograman yang berbeda juga. Kini, dengan Flutter cukup memakai satu framework yang membuat biaya lebih efisien.

  • Terdapat Komunitas yang Aktif

Belajar framework Flutter juga dirasa semakin mudah dengan adanya fasilitas komunitas yang aktif. Artinya siapa saja yang tertarik mempelajarinya bisa bergabung di dalam komunitas dan sharing di dalamnya. Sehingga bisa belajar dari para senior dengan aktif bertanya di komunitas tersebut.

Meskipun banyak kelebihan, proses belajar Flutter bisa terasa menantang karena beberapa kekurangan yang dimiliki. Pertama, ukuran aplikasi cenderung besar sehingga sedikit menyulitkan mendapat pengguna. Kedua, pengguna wajib menguasai bahasa Drat yang jika belum dikuasai maka harus belajar dulu sehingga perlu belajar dua kali.

Cara Mempelajari Flutter

Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, Flutter tetap menarik dan tepat untuk dipelajari. Supaya bisa menghemat waktu, tenaga, dan biaya dalam mengembagkan sebuah aplikasi. Lalu, bagaimana cara mempelajarinya? Ternyata ada beberapa pilihan bisa dipertimbangkan, yaitu:

Belajar Melalui Documentation Flutter

Cara pertama adalah dengan mengikuti panduan mempelajari Flutter lewa Flutter Documentation yang disediakan oleh Google. Lewat fitur ini, para peminat bisa mempelajar Flutter dari materi dasar sampai tingkat kompleks dari mana saja karena online.

Belajar dari Ebook

Flutter yang banyak diminati masyarakat dunia membuat ebook yang menjelaskan cara penggunaan untuk pembuatan aplikasi dengan mudah didapatkan. Ada beberapa ebook terkenal dan bisa dijadikan pilihan, meskipun berbayar bisa dipertimbangkan.

Belajar Lewat Konten Video

Selanjutnya, bisa belajar lewat konten video yang dibagikan Google melalui situs resmi Flutter. Selain itu bisa juga mencari konten edukasi Flutter melalui Youtube, dijamin akan menemukan banyak pilihann

Ikut Komunitas

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, proses belajar Flutter semakin mudah dengan adanya komunitas aktif. Silahkan bergabung agar bisa belajar dari para senior dan pengembang aplikasi lainnya yang sudah mahir dan berpengalaman.

Ikut Kursus Resmi

Terakhir adalah mengikuti kursus resmi yang tentu menjadi cara paling tepat untuk mempelajari Flutter. Sebab lewat cara inilah bisa didampingi ahli sampai menjadi mahir dan bisa belajar secara terstruktur agar mudah dipahami dan dikuasai.

Kalau Ikut Kursus Harus Kemana?

Bagi siapa saja yang berencana mempelajari Flutter melalui kursus yang diselenggarakan lembaga resmi. Maka ada baiknya memilih lembaga yang sudah berpengalaman dan kredibilitasnya terjamin. Sehingga bisa mendapatkan ilmu tentang Flutter dengan  maksimal. Jika tidak ingin salah pilih lembaga kursus untuk Kursus Flutter, bisa menghubungi 089653312998.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *